Jejak Berani Pergi Mengaji Seorang Santri

Hari pertama pergi mengaji mengisahkan perjalanan seorang santri cilik bernama Alifa. Gadis cilik berkerudung merah muda senada gamisnya itu tak memperlihatkan raut ketakutan sepanjang perjalanan. Ia begitu menikmati perjalannya di sore yang syahdu itu.

resensi Hari Pertama Pergi Mengaji

Tiba-tiba ia melihat seekor anak burung terjatuh dari sarang. Hatinya tergerak. Ia tidak membiarkan burung itu seorang diri di atas tanah. Meskipun untuk melakukan hal tersebut itu artinya ia membutuhkan waktu lebih lama untuk sampai ke masjid.

Alifa berjalan lagi. Sekarang ia melihat ulat kupu-kupu gendut. Dia mendekati ulat berwarna kuning. Duh, Alifa menghabiskan waktu lagi. Apakah ia akan sampai tepat waktu?

Dari kejauhan, tampak Ustazah sudah berdiri di depan pintu masjid. Apakah Alifa akan dimarahi karena datang terlambat?

Buku ini mengajarkan anak tentang keberanian. Perjalanan Alifa menuju masjid ibarat sebuah petualangan sederhana khas anak-anak. Ia menemukan berbagai hal baru sebelum sampai pada tujuan.

Anak jadi belajar bagaimana mengambil sikap jika dihadapkan pada satu hal.

Saat anak harus sampai tepat waktu, tetapi ada individu lain yang membutuhkan bantuan, ia memiliki dua pilihan, yakni melanjutkan perjalanan atau berhenti sejenak dengan risiko terlambat sampai tempat tujuan.

Ohya, ternyata Alifa tidak sendirian, lo! Jika dipandangi lebih cermat, ada satu makhluk mungil yang menemani perjalanannya. Makhluk apakah itu? Apakah kehadirannya akan membahayakan Alifa?

Buku ini dilengkapi dengan ilustrasi menarik. Antarkalimat sepertinya sudah dipikirkan dengan begitu cermat oleh penulis penerima beasiswa residensi penulis Kemdikbudristek tahun 2018 ini sehingga tepat digunakan sebagai buku read aloud.

Kolaborasi dengan sang ilustrator yang ternyata adalah ananda dari penulis menjadikan nilai buku ini lebih tinggi lagi, yakni suksesnya kolaborasi antara orangtua dan anak. Selamat membaca! (*)

Judul buku : Hari Pertama Pergi Mengaji
Penulis : Maya Lestari Gf
Illustrator : Ayesha Sophie Sayyida
Penerbit : WAW Media
Cetakan Pertama : Juni, 2023
Jumlah halaman : 22 halaman

Alhamdulillah, picture book ini menjadi rezeki saya dalam sebuah giveaway. Ohya, penerbit WAW Media yang support by BacaanMedia ini selalu menghadirkan buku-buku sarat gizi, lo. Yuk kepoin akun instagram @waw_media.id dan @bacaanmedia.id, ya!

3 komentar

  1. Keren ya, ibu menulis anak bikin ilustrator

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Kak. Mba Maya dan putrinya berkolaborasi cantik menghasilkan buku bergambar ini.

      Hapus
  2. wah bisa jadi rekomendasi nih. masuk wishlish ah, buat anakku. isinya enggak hanya menarik tapi juga sarat gizi

    BalasHapus